Bagaimana cara meminjam uang dari teman

Diposkan oleh Work Hard Play Hard

Kebutuhan tak terduga bisa datang kapan saja. Termasuk saat kondisi keuangan menipis, bahkan habis tak tersisa. Meminjam uang menjadi solusinya, termasuk dari teman Anda. Normal saja sih, meminjam uang dari teman. Namun, ada aturannya agar hubungan pertemanan tak jadi rusak karena masalah utang.

Yang perlu Anda persiapkan sebelum meminjam uang adalah menuliskan sejumlah hal seperti surat kesepakatan, surat perjanjian, timeline, tingkat bunga, serta penjelasan tertulis tentang kebutuhan personal Anda.



Setelah menyiapkan dokumen tertulis tersebut, jalankan tekniknya:

1. Jelaskan secara rinci alasan meminjam uang
Anda perlu menjelaskan mengapa Anda membutuhkan pinjaman uang dari teman. Tak sekadar mengatakan jumlah pinjaman dan untuk apa digunakan, tetapi juga jelaskan bagaimana uang tersebut akan digunakan. Apalagi jika jumlah pinjaman cukup besar. Penjelasan yang lebih rinci akan membuat teman Anda mempertimbangkan keinginannya untuk meminjamkan uang.

2. Sebutkan jumlah pinjaman secara spesifik
Teman Anda bukan bank yang memiliki dana cair dalam jumlah banyak. Bagaimanapun, kondisi keuangan pribadi lebih terbatas dibandingkan institusi keuangan. Jadi, sebutkan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan melebihkan. Berikan angka spesifik sesuai jumlah yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan darurat Anda.

3. Membayar cicilan melebihi anggaran
Jika Anda sudah bersepakat dengan teman untuk membayar cicilan dengan anggaran tertentu, upayakan untuk membayar lebih, sehingga Anda bisa menyelesaikan utang lebih cepat dari jadwal. Cara ini melegakan bagi Anda karena bisa lebih cepat terbebas dari beban utang. Selain itu, teman Anda juga bisa segera mendapatkan kembali uangnya. Menyelesaikan cicilan lebih awal lebih aman daripada menunggak utang kepada teman.

4. Negosiasikan bunga
Hubungan pertemanan menjadi tak nyaman karena urusan pinjam-meminjam uang. Bukan lantaran pinjamannya, melainkan karena jumlah bunga yang diinginkan salah satu pihak terlalu tinggi. Buatlah kesepakatan bersama dengan melakukan negosiasi. Anda juga perlu menawarkan bunga pinjaman yang kompetitif tetapi masih terjangkau oleh keuangan Anda.

5. Carilah saksi
Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Bagi teman dekat yang sudah terbangun rasa saling percaya, tak sulit untuk mengeluarkan dana pinjaman. Namun, tak semua orang bisa mudah percaya. Jika merasa perlu, datangkan saksi saat Anda membuat surat perjanjian pinjaman uang, terutama jika jumlah pinjaman terbilang besar. Kontrak perjanjian perlu dibuat formal, dengan materai jika perlu. Saksi bisa pihak lain yang terpercaya atau bahkan pengacara. Kebutuhan saksi disesuaikan dengan jumlah pinjaman tentunya.

6. Berikan nilai tambah
Berikan pelayanan kepada teman yang meminjamkan Anda uang, seperti memberikan voucer diskon yang Anda miliki kepadanya. Atau, jika Anda memiliki bisnis atau produk tertentu, berikan diskon kepada teman Anda.