Bagaimana cara menghemat pengeluaran

Diposkan oleh Work Hard Play Hard

Libur hari raya menguras tabungan Anda? Ada baiknya untuk kembali mengisi pundi-pundi seperti sedia kala. Anda bisa saja bertekad untuk mengisi kembali. Namun, jangan gegabah, dan saking bersemangatnya malah kurang perhitungan. Ada beberapa pos yang tak perlu dipangkas, dan ada yang boleh. Berikut tips dan triknya.
Yang pantang dipangkas
Dana kesehatan
Kesehatan adalah modal utama Anda untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Karenanya, bila Anda terbiasa mengkonsumsi multivitamin setiap hari, jangan mengurangi jumlahnya menjadi dua hari sekali demi penghematan. Kalau pun itu dilakukan, pastikan Anda mengganti kebutuhan multivitamin dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.
Kebutuhan dasar
Yang masuk ke dalam kategori ini adalah sandang, pangan, dan papan, yang setiap hari tidak bisa absen dari kehidupan Anda. Karena itu, demi menghemat pengeluaran, rasa-rasanya tak perlu Anda kelewat menahan diri untuk tidak membeli sepatu baru guna menggantikan sepatu kerja yang sudah rusak. Atau tidak bisa makan di luar lantaran takut dompet terkuras. Anda masih boleh kok makan siang di luar asal pilih tempat yang harga makanannya terjangkau, bukan di mal.
Investasi
Anda sudah punya rencana menyisihkan gaji bulanan untuk membeli reksadana atau jenis investasi jangka panjang lainnya? Jika hal itu sudah tercantum dalam rencana keuangan tahunan Anda, maka patuhilah aturan yang sudah Anda buat sendiri itu.
Rekreasi
Mengalihkan perhatian dari pekerjaan untuk bersenang-senang sama sekali bukan kegiatan tak penting yang memboroskan waktu dan uang. Anda justru perlu melakukan rekreasi supaya pikiran tetap segar dan tidak suntuk menghadapi pekerjaan. Pilih saja alternatif berekreasi yang “ramah” budget.
Yang perlu dihemat
Ongkos gaul
Coba perkirakan dan hitung kembali pengeluaran bulanan Anda untuk “hangout”. Jika masih bisa dikurangi, mengapa tidak? Jika biasanya Anda clubbing minimal seminggu tiga kali, gantikan ajang sosialisasi Anda dengan janjian makan siang bersama teman-teman SMA atau kuliah dulu. Selain baik untuk kepentingan silaturahmi, Anda juga bisa mengkorting budget untuk gaul.
Transportasi
Ketimbang memboroskan bensin dan menghabiskan jatah kilometer sebelum melakukan servis rutin selanjutnya, ada baiknya Anda menjajal alternatif transportasi yang lebih hemat. Misalnya, menggunakan bis Trans Jakarta, shuttle bus kompleks perumahan, kereta api, atau nebeng teman kerja yang rumahnya searah tempat tinggal Anda. Selain menghemat pengeluaran, Anda juga bisa ikut andil mengurangi kemacetan dan polusi udara di jalan raya.
Shopping
Jika tidak kepepet, ada baiknya bila Anda menghindari jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau butik-butik favorit selama sebulan penuh. Selain untuk menghemat tenaga, Anda juga bisa meredam hasrat untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Kalau memang perlu berbelanja, susunlah daftar barang-barang yang perlu dibeli dan patuhilah daftar tersebut supaya tagihan belanja Anda tidak “menggemuk”.