Bagaimana cara cermat berbelanja saat midnite sale

Diposkan oleh Work Hard Play Hard

Saya membaca sebuah iklan "midnite sale" yang menawarkan diskon sampai dengan 70 persen. Terus terang saya tertarik untuk berbelanja di tengah malam tersebut. Saya mendengar cerita serunya berburu sale di malam hari dari beberapa teman. Mereka berhasil membeli dan memiliki beberapa barang yang berharga "miring". Mereka terlihat bahagia ketika menyampaikan cerita belanja yang menarik itu. Saya jadi tertarik datang ke midnite sale dan memiliki beberapa barang branded dengan "harga miring" itu.-Farlene, Jakarta.



Berikut pendapat dari Freddy Pieloor, CFP, financial planner:
Wah, memang terlihat menyenangkan bila dapat memiliki barang menawan dengan harga "miring" atau murah. Namun, sebelum Anda melakukan hunting barang-barang idaman dengan harga menawan tersebut, ada beberapa hal yang Anda perlu persiapkan, antara lain:

a. Catat dan pastikan barang-barang yang ingin Anda miliki adalah barang yang Anda perlukan.
b. Periksa harga barang-barang tersebut pada toko di tempat lain yang tidak melakukan sale.
c. Siapkan dananya untuk membayar barang-barang idaman tersebut, jangan berutang memakai kartu kredit atau pinjaman lainnya.
d. Jangan membeli barang-barang lain, di luar yang telah Anda daftar sebelumnya.
e. Setelah mendapat barang yang diinginkan, segera pulang, jangan tergoda untuk cuci mata.

Biasanya "midnite sale" tidak memberikan diskon pada seluruh barang di toko tersebut, namun hanya beberapa barang, dan itu pun dengan potongan (diskon hingga 70 persen) yang tidak sebesar perkiraan Anda.

Lalu saat Anda merasa toko tersebut memberikan diskon, emosi Anda akan terganggu dan terpancing untuk membeli barang-barang lain, yang sebenarnya belum Anda perlukan.

Akhirnya, Anda mengeluarkan uang yang lebih banyak daripada kebutuhan. Berhati-hatilah saat melakukan "hunting" di "midnight sale" ini, jangan-jangan Anda yang di-"hunting".