Lowongan CPNS Pemkot Malang Dibuka 24 September

Diposkan oleh Work Hard Play Hard

Lowongan CPNS Pemkot Malang Dibuka 24 September CPNS PEMKOT MALANG - Ribuan masyarakat se-Malang Raya yang berkeinginan mendaftar menjadi CPNS (calon pegawai negeri sipil) di lingkungan pemerintah daerah sebaiknya mulai bersiap selama liburan Lebaran. Hasil rapat koordinasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se-Jatim Kamis (10/9) lalu menyepakati pendaftaran CPNS jalur umum dibuka 24 September 2009. Atau empat hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Menurut sumber Radar di Pemkot Malang, pendaftaran akan ditutup pada 8 Oktober 2009. Setelah pemberkasan awal selesai, maka ujian bakal digelar 20 Oktober. Targetnya, Desember mendatang Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sudah menerbitkan nomor induk pegawai (NIP).

"Sehingga Januari 2010, CPNS baru itu sudah bisa bekerja. Itu untuk efisiensi biaya dan waktu. Memang saat ini zamannya kerja cepat," ungkap sumber tersebut.

Dengan mengetahui lebih awal pembukaan CPNS di lingkungan pemda, maka masyarakat bisa menyiapkan diri lebih awal. Misalnya dengan sesegera mungkin melakukan legalisir ijazah atau berkas administrasi lainnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, persyaratan administrasi tidak jauh berbeda. Berkas yang wajib disiapkan antara lain, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi transkip nilai, fotokopi akta mengajar bagi peminat guru, fotokopi KTP, pasfoto hitam putih 3 x 4 sebanyak empat lembar.

Ada pula fotokopi sah surat keputusan pengangkatan pertama dan terakhir bagi guru yang memiliki pengabdian pada lembaga berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional. Persyaratan umumnya, WNI dengan usia serendah-rendahnya 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

Bagaimana dengan formasi yang dibutuhkan? Sumber Radar tersebut mengaku belum tahu. Sebab, formasi belum dikirimkan oleh BKN ke masing-masing daerah.

Kalau toh sudah dikirimkan kuotanya oleh BKN, masih dipegang oleh pejabat kepegawaian daerah setingkat sekda. Sebelum libur Lebaran tiba, maka formasi akan ditata. "Kalau formasi dan jatah yang dibutuhkan, ditunggu pengumumannya saja," katanya.

Sementara itu, dikonfirmasi soal informasi tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Malang Burhanuddin belum bisa memberikan keterangan. Saat dihubungi via telepon di rumahnya kemarin, salah seorang anggotanya menegaskan Burhanuddin sedang salat.

Namun tidak ditegaskan kapan salatnya selesai. Termasuk apakah bersedia atau tidak menerima telepon. "Masih salat. Ya, lama selesainya," kata salah seorang anggota keluarga yang tidak menyebutkan nama.

Sementara itu, BKD Kabupaten Malang Tulus Hariyanto menjelaskan bahwa untuk formasi CPNS di kabupaten belum turun. Pihaknya juga masih menunggu kepastian formasi tersebut. "Sejauh ini belum turun Mas. Kami juga masih menunggu dari pemprov," terangnya. (yos/bb/ziz)

Sumber jawapos